Reviewn : Ef - A Tale of Memories dan Ef - A Tale of Melodies

posted on 8 comments



Bagian pertama: Ef -  A Tale of Memories
Title: エフ ア テイル オブ メモリーズ, Ef - A Tale of Memories
Type  : TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Oct 6, 2007 to Dec 23, 2007
Producers: Shaft, Rondo Robe, Sentai FilmworksL
Genres: Mystery, Drama, Romance, Seinen
Duration: 24 min. per episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Score: 8.32 (Myanimelist)

Ef - A Tale of Memories ini adalah bagian pertama dari sekuel ini. Anime ini menceritakan tentang kisah cinta antara Hirono Hiro dengan Miyamura Miyako dan Asou Renji dengan Shindou Chihiro. Anime ini berkisah di dua kota yang berbeda, namun memiliki nama yang sama, yaitu Otawa. Otawa yang satu berada di Jepang, dan Otawa yang lain berada di Australia. Tidak hanya nama kota saja yang mirip, beberapa tempat di kedua kota itu dan bahkan salah satu sekolahnya pun mirip.
Cerita ini, kalau tidak ditonton hingga habis, kita bakalan kebingungan. Ya, kebingungan karena alur cerita anime ini jalannya rumit, terkadang melompat-lompat. Namun ketika sudah sampai bagian akhir, kita akan merasakan sesuatu seperti "oooh, jadi begini rupanya...". 

Pertama, akan dibahas di Kota Otawa, yang di Jepang.
Otawa yang di Jepang ini mengisahkan cinta segitiga antara Hirono Hiro, Miyamura Miyako dan Shindou Kei. Hirono Hiro dan Miyamura Miyako bertemu pada malam natal, saat Miyako meminjam paksa sepeda Hiro untuk mengejar pencuri. Setelah itu mereka memutuskan untuk melewati malam tahun baru bersama. Dan ternyata mereka juga teman satu sekolah. Mereka menjadi lebih dekat karena sering bertemu di atap sekolah. Sedangkan Shindou Kei adalah osanajimi (teman masa kecil)-nya Hirono Hiro, dimana ia selalu bermain bersama pada saat mereka masih kecil, dan ia mulai menyukai Hiro.

meanwhile..........di Kota Otawa, yang di Australia......
Asou Renji bertemu dengan gadis bernama Shindou Chihiro di sebuah stasiun tua. Shindou Chihiro adalah kembarannya Shindou Kei yang dipisahkan. Asou Renji dan Shindou Chihiro pun menjadi teman. Tapi Renji merasa ada yang aneh dengan Chihiro. Setiap kali ia bertemu dengannya, Chihiro selalu seperti tidak mengenal Renji. Kejadian seperti itu berlanjut beberapa kali. Renji telah diberitahu oleh Himura Yuu, seorang pria yang tinggal bersama Chihiro untuk tidak berurusan dengan Chihiro. Akhirnya Renji mengetahui bahwa Chihiro mempunyai masalah dengan ingatannya. Ingatannya hanya bertahan selama 13 jam. Setelah 13 jam, perlahan-lahan ingatannya mulai menghilang. Chihiro menderita penyakit ini semenjak dia kecelakaan saat ia kecil. Jadi baginya, waktu telah berhenti sejak 10 tahun yang lalu. Renji pun menjadi ragu untuk melanjutkan hubungan ini dengan Chihiro.

Kelima orang itu sering bertemu dengan sesosok wanita bernama Amamiya Yuuko. Dia selalu memberi nasehat kepada mereka hingga akhirnya, masalah-masalah mereka pun terselesaikan.

Anime ini bercerita tentang 2 story, di tempat yang berbeda. Jadi, jangan heran ketika sedang mengilhami bagian story yang di Otawa Jepang, tiba-tiba cerita langsung berubah setting menjadi di Otawa Australia. 

Main Character di Ef -  A Tale of Memories:



Hirono Hiro
Hirono Hiro
Hiro adalah seorang siswa SMA yang tertarik pada pekerjaan sebagai seorang seniman manga shōjo. Hiro menggunakan nama yang diberikan dari kakak Nagi nya Hirono, dan ejaan homophonic dari nama keluarga teman masa kecilnya Kei Shindo untuk menciptakan moniker. Menulis manga menyebabkan dia kehilangan minat di sekolah dan berfokus terutama pada karyanya dalam rangka untuk mendapatkan penghasilan, karena biasanya dia tidak punya uang sebanyak itu. Setelah bertemu Miyako,kehidupannya sedikit berubah.





Miyamura Miyako
Miyamura Miyako
Miyako bertemu Hiro setelah mencuri sepeda pada malam Natal ketika mencoba untuk menangkap pencuri dompet. Dia akhirnya menghancurkan sepedanya, dan ia berbicara dengan Hiro setelahnya. Setelah itu, mereka bertemu lagi di sekolah, dia juga tidak menghadiri banyak kelas karena dia bilang mereka membosankan. Miyako memiliki kepribadian yang energik dan menikmati melakukan hal-hal yang tidak lazim. Dia akhirnya mulai menjadi tertarik pada Hiro.






Shindou Kei
Shindou Kei
Kei adalah teman masa kecil Hiro dan satu tahun lebih muda dari Hiro, dia menghadiri sekolah yang sama seperti Hiro juga. Dia juga tetangga Hiro, dan dia sering harus pergi ke rumah Hiro untuk membangunkannya jika ia telah menghabiskan malam sebelumnya menggambar manga. Dia sangat atletis dan merupakan pemain tim basket gadis sekolah nya itu. Dia tertarik pada Hiro, dan menjadi cemburu ketika dia tahu Hiro bersama Miyako Miyamura.






Asou Renji
Asou Renji
Renji Asou adalah seorang anak muda keturunan Jerman & Jepang. Ia adalah protagonis dari bab ketiga di Ef: The Latter Tale. Suatu hari, ketika ia pergi ke sebuah stasiun kereta api yang tidak terpakai lagi di mana ia sering menghabiskan waktu, ia bertemu dengan seorang gadis mengenakan penutup mata atas mata kirinya dan duduk sendirian. Gadis itu adalah Chihiro Shindo, saudara kembar muda Kei Shindo. Meskipun keduanya saling pemalu, Renji datang kembali untuk melihat dia di stasiun setiap hari sepulang sekolah dan dengan cepat menjadi teman dengan dia. Dia kemudian mengatahui bahwa dia memiliki sakit parah, amnesia anterograde, dimana ia tidak bisa mengingat apapun tiga belas jam terakhir sebelumnya.






Shindou Chihiro
Shindou Chihiro
Chihiro adalah saudara kembar yg lebih muda dari Kei Shindo. Meskipun mereka saling pemalu, Renji datang kembali untuk melihat dia di stasiun setiap hari sepulang sekolah dan dengan cepat menjadi teman dengan dia. Dia suka membaca novel. Dan ia memiliki penyakit amnesia 13 belas jam. Dia bercita-cita ingin menjadi seorang penulis novel, walaupun dengan keadaannya yang seperti itu. Dia sering menulis diari tentang apa saja yang telah dilakukannya pada hari itu bersama Renji maupun yang lainnya sebagai pengingat apa yang telah dilakukannya pada hari sebelumnya.





Tsutsumi Kyousuke
Tsutsumi Kyousuke
Kyosuke hobi dalam perfilman dan terus-menerus membawa perekam video. Pada malam Natal, ia melihat Kei Shindo berjalan di jalan dan mencoba untuk mendapatkan videonya, tapi sebuah truk lewat, sehingga ia tidak bisa mendapatkan video yg jelas, ditambah dia tidak menyadari itu Kei pada saat itu. Setelah penasaran dengan gadis malam Natal, dia akhirnya keluar dari klub film dan pacarnya meminta mereka putus, ia sangat setuju. Dia akhirnya jatuh cinta dengan Kei.





Sedikit Screenshot anime Ef-A Tale of Memories

Saat Hiro bertemu dengan Miyako untuk pertama kalinya saat malam natal
Saat Renji bertemu Chihiro untuk kedua kalinya, namun Chihiro tidak mengenalinya
Ef-A Tale of Memories ini kalo admin nilai sendiri, 8.2 aja overall-nya.
And now, to the next sequel

Bagian Kedua: Ef - A Tale of Melodies


Title : エフ ア テイル オブ メロディーズ, Ef - A Tale of MelodiesType: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Oct 6, 2008 to Dec 22, 2008
Producers: Shaft, Sentai FilmworksL
Genres: Mystery, Drama, Romance, Seinen
Duration: 24 min. per episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older

Ef-A Tale of Melodies ini merupakan cerita lanjutan dari Ef - A Tale of Memories. Sekuel kedua ini memakai karakter yang telah ada pada cerita sebelumnya, yaitu Tale of Memories, dimana yang membedakannya adalah protagonis-nya, serta sudut pandang cerita. Setting cerita tetap menggunakan 2 kota yang sama, yaitu Otawa.
Sekuel kedua ini menceritakan tentang kisah cinta Himura Yuu dengan Amamiya Yuuko dan Shuuichi Kuze dengan Hayama Mizuki. Bedanya disini, cerita Yuu dan Yuuko terjadi pada masa lalu, sedangkan Kuze dan Mizuki terjadi pada masa kini.

Otawa, Jepang, masa lalu.
Setting ini menceritakan tentang Yuu dan Yuuko yang merupakan teman semasa kecil di sebuah panti asuhan. Sebenarnya, Yuu memiliki seorang adik perempuan, namun ia kehilangan adiknya pada saat terjadi kebakaran di panti asuhan tempat ia bernaung. Yuu menjadi seorang yang dingin, dan mulai membenci Yuuko, karena Yuuko terlihat mirip dengan adiknya Yuu. Sebenarnya agak kurang tepat dikatakan "benci", lebih seperti Yuu tidak menerima kehadiran Yuuko yang ingin selalu berada di dekatnya.

Suatu hari, Yuuko diadopsi, oleh seorang keluarga Amamiya, dan mereka pun terpisah.

Mereka dipertemukan kembali pada saat SMA. Ya, mereka bersekolah di SMA yang sama. Secara kebetulan, salah satu guru disana adalah kakak angkatnya Yuuko, yang telah mengadopsi Yuuko pada waktu dulu, bernama Amamiya Akira. Di sekolah, Yuuko selalu dibully oleh teman-temannya, namun dibiarkan saja olehnya. Ternyata di rumah pun Yuuko dibully oleh kakak angkatnya karena Yuuko mirip dengan adiknya yang meninggal. Yuuko menceritakan apa yang telah dideritanya pada Yuu. Yuu pun merasa bersalah karena dulu pernah meninggalkannya.

Otawa, Australia, masa kini.
Menceritakan tentang Hayama Mizuki yang tinggal di rumah sepupunya, Asou Renji, selama liburan. Ia pun bertanya pada Renji tentang alunan biola yang sering didengarnya di sekitar gereja. Renji mengatakan bahwa itu mungkin adalah tetangganya, Kuze Suuichi yang merupakan pemusik terkenal.
Mizuki pun mulai mengenal Kuze. Tapi Kuze selalu tidak mau memainkan biola lagi secara live karena penyakit yang dideritanya. Saat penyakitnya semakin parah, ia pun bahkan tidak mau mengenal Mizuki lagi. Namun Mizuki tidak pernah menyerah dan selalu berusaha mendekati Kuze.
Kuze sendiri adalah sahabatnya Yuu ketika masih SMA, bersama dengan Hirono Nagi, yang merupakan kakaknya Hirono Hiro.

Main Characters Ef - A Tale of Melodies:

Amamiya Yuuko

Yuuko adalah seorang gadis misterius, Hiro bertemu pertama kali di sebuah gereja pada malam Natal. Dia selalu muncul dengan misterius dimana Hiro berada dan menghilang dengan cepat di seluruh cerita untuk berbicara dengan Hiro atau karakter lain dan memberi mereka saran, dan Miyako sudah mengenalnya. Dia bisa dianggap sebagai karakter kunci seluruh cerita ef.
Dia adalah karakter utama untuk ef - a tale of melodies, bagian dari yang terfokus di sekitar koneksi ke Himura.
Yuuko adalah orang baik hati yang membenci dirinya sendiri dan menempatkan wajah berani, bahkan ketika marah atau sakit hati

Hayama Mizuki




Mizuki pergi ke sekolah afiliasi, untuk berkunjung. Dia sangat mengagumi Kei sebagai seseorang yang lebih tua dari dirinya, bahkan Mizuki juga di tim basket gadis sekolah nya itu. Dia sangat menikmati membaca manga shōjo. Dia memiliki sikap lugas dan suka jujur ​​terhadap orang lain, terutama untuk Kei. Hayama Mizuki juga muncul pada sekuel pertama  Ef-A Tale of Memories.

Himura Yuu



Seorang pria yang selama seri pertama yang sering ditemukan dalam Gereja Otowa Australia. Dia mengakui bahwa ia bukanlah seorang Kristen, dan bahwa ia hanya "menunggu seseorang."
Himura menjadi karakter utama selama seri EF kedua, bagian yang didedikasikan untuk masa lalunya dan hubungannya dengan wanita yang sebelumnya tidak diketahui.
Himura menikmati gambar. Pada saat ia masih tinggal di panti asuhan dengan Yuuko, ia sering menggambar, bahkan ia sempat menggambar Yuuko. Dia adalah orang yang tenang dan bijaksana selama hidup di kemudian hari, sering tidak mengungkapkan seluruh kebenaran atau dengan sengaja menjadi menjawab dengan tidak jelas ketika ditanya.

Kuze Shuuichi


Kuze Shuuichi adalah tetangga Asou Renji dan teman yang baik Himura Yuu. Dia adalah seorang playboy dan terutama menyukai Asou Sumire, meskipun dia menikah. Shuuichi adalah seorang pemain biola yang terkenal di antaranya Hirono Hiro adalah seorang penggemarnya. Di masa lalu, ia pergi ke sekolah yang sama dengan Himura Yuu, Hirono Nagi, dan Amamiya Yuuko, yang semuanya ia dianggap teman-temannya, meskipun Kuze berencana pindah ke negara lain pada saat ia bertemu dengan mereka untuk terakhirkalinya.

Amamiya Akira


Amamiya Akira adalah saudara angkat Amamiya Yuuko

Akira adalah guru seni sekolah tinggi Himura berada. Meskipun seorang guru di sekolah, ia melanggar aturan dan merokok di dalam area sekolah. Sebagai seorang guru seni, ia berulang kali memprovokasi Himura untuk bergabung dengan klub seni. Ia adalah orang yang kelihatan sangat tenang, namun memiliki sifat yang tak karuan sejak ia kehilangan adik perempuannya, sama seperti yang dialami oleh Yuu. Alasan ia mengangkat Yuuko sebagai adik angkatnya adalah karena Yuuko sangat mirip dengan adiknya yang telah meninggal.


Sedikit Screenshot pada Ef-A Tale of Melodies

Saat Yuu dilempari buku oleh Nagi ketika Yuuko datang menghampiri mereka

Saat Kuze berdua dengan Mizuki. Kuze berkata bahwa ia mencintai Mizuki, kemudian
pada saat yang sama menyuruh Mizuki untuk tidak muncul lagi dihadapannya.




KESIMPULAN:
Untuk kesimpulan dari admin, bila ingin nonton anime yang romance, anime ini bener-bener worth-to-watch. Karena genre romance ini tidaklah ringan seperti yang biasanya. Anime ini dikemas dalam sudut pandang yang berbeda, dengan masalah-masalah yang begitu rumit. Pada Ef-Tale of Memories contohnya, kita bisa membayangkan bagaimana sulitnya berhubungan dengan seseorang yang hanya memiliki batas ingatan selama 13 jam saja. Dan pada Ef-A Tale of Melodies, ceritanya lebih complex lagi. Di sekuel kedua kita disuguhkan dengan permainan biola-nya Kuze yang lembut-menyentuh-jiwa. Cerita dua sekuel ini agak sedikit dibumbui dengan misteri, karena sebelum episode terakhir, kita akan bertanya-tanya seperti "kok, Yuuko bisa muncul cepat dimana saja, sih?". Untuk urusan artwork, nih anime memang anime series, tapi kualitas artwork hampir seperti movie. keren banget. Dan juga jangan kaget ketika menonton anime ini, banyak bahasa Jerman yang muncul di tiap episode. Tapi, cerita ini memang sedikit memusingkan kepala, karena sering pindah setting tempat secara mendadak. Jadi, pada saat kita sedang fokus mengilhami salah satu sudut cerita, kemudian tiba-tiba melompat ke sudut cerita yang lain. tapi overall, ini bagus.

Nilai: Ef-A Tale of Memories (8.2/10)
        Ef-A Tale of Melodies (8.7/10)


sumber: brrrandom.blogspot & thread DanDjaeveLen666 @kaskus

Title: Reviewn : Ef - A Tale of Memories dan Ef - A Tale of Melodies
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Unknown

8 comments

thanks infonya
btw...
Boleh minta link videonya gk ? kok aku gk dapat yg indo sub yah :3

Reply Delete

coba cari di animesave.com kayaknya ada tu disana

Reply Delete

Min, di sekuel pertama Yuuko itu jd hantu kah? cz ada dmn2. Trus knp saudara kembar ini dipisah? kasih pencerahan T_T

Reply Delete

Nadia. https://kusonime.com/ef-tale-melodies-bd-batch-subtitle-indonesia/

Reply Delete

Yuuko adalah roh yang diberitahu untuk membantu orang yang kesusahan. Mereka dipisahkan karena akan saling menyalahkan diri sendiri

Reply Delete